Press "Enter" to skip to content

Insecure Menghilangkan Jamur di Sarung Jok Mobil, Ganti Aja?

Perasaan insecure bisa saja menyerang pemiliki mobil yang baru pertama kali melakukan perawatan mobil. Apalagi yang kurang mengerti mengenai cara merawat dan membersihkan bagian dalam mobil. Terutama sarung jok mobil yang rawan kotor, rusak, dan terkena jamur rupanya dapat diatasi sendiri.

Khusus pembahasan kali ini akan membahas mengenai cara menghilangkan jamur yang menempel dipermukaan jok mobil. Penyebab jamur hinggap ini beragam bisa jadi karena ketempelan makanan yang dibiarkan begitu saja dan faktor usia pada mobil bekas.

Idealnya sarung jok digunakan selama 4-5 tahun, lebih dari jangka waktu tersebut sebaiknya melakukan penggantian.

Terutama pada mobil yang dikendarai sehari-hari sangat rentan mengalami kerusakan selama dua tahun pertama penggunaan. Jamur berpotensi menyerang sarung jok dengan bahan kulit asli maupun kulit sintetis. Jika jamur sudah menempel biasanya meninggalkan bercak warna yang aromanya tidak sedap.

Banyak yang insecure terhadap jamur di jok karena dinilai sulit dihilangkan. Terlebih lagi keberadaan jamur satu yang dibiarkan dapat menyebar ke bagian permukaan jok lainnya.

Akhirnya mereka membawa ke salon mobil agar jamur tersebut hilang dengan biaya yang tidak sedikit. Sebenarnya Anda dapat melakukan perawatan sendiri untuk menghilangkan noda jamur tersebut. Ikuti langkah-langkah berikut ini ya, check this out!

Langkah-langkah Membasmi Jamur di Jok Mobil

Berdasarkan informasi dari berbagai sumber ada beragam cara membersihkan sarung jok mobil yang berjamur. 

1. Menyiapkan Perlengkapan

Membersihkan sarung jok tentu tidak dilakukan dengan tangan kosong atau peralatan seadanya. Anda perlu menyiapkan beberapa perlengkapan guna menghilangkan jamur dipermukaan jok. Berikut ini daftar perlengkapan yang wajib dipersiapkan agar jok bersih maksimal:

  1. Vacuum cleaner (khusus mobil atau yang ada di rumah)
  2. Sikat dengan bulu halus
  3. Cairan pembersih (seperti all purpose cleaner)
  4. Cairan pemutih pakaian
  5. Cairan atau sabun pencuci piring
  6. Sponge penccuci piring
  7. Kain microfiber dan masker penutup wajah

2. Vacuum Cleaner atau Sikat Halus

Ingat ketika hendak membersihkan jok mobil selalu mengenakan masker. Tujuannya supaya saat dibersihkan jamur dan serpihannya tidak dihirup hidung. Pastikan ketika membersihkan bagian interior, semua pintu mobil terbuka guna memperoleh sirkulasi udara yang baik.

Anda juga dapat memanfaatkan vacuum cleaner yang digunakan di rumah untuk menyedot jamur yang menempel di seluruh permukaan jok. Tidak hanya jamur semata, tetapi partikel dan kotoran lain dapat disedot oleh vacuum cleaner.

Apabila tidak memiliki vacuum cleaner maka gunakan sikat bekas atau yang berbulu halus. Cara menyikatnya harus disesuaikan dengan bahan sarung jok karena penggunaannya berbeda-beda. 

Metode menyikat paling ideal dengan satu arah dan menuju lantai kabin mobil. Sehingga, setelah jok bersih sisa jamur dapat dibersihkan dengan mudah. Tahap ini disebut sebagai tahap awal supaya jamur dan kotoran lain lebih mudah hilang saat dibersihkan dengan cairan pembersih.

3. All Purpose Cleaner

All purpose cleaner merupakan cairan paling ampuh untuk membersihkan permukaan jok. Caranya cukup dengan menyemprotkan cairan all purpose cleaner di permukaan jok secara keseluruhan dan diamkan beberapa saat. Setelah itu baru diratakan menggunakan kain microfiber.

4. Cairan Pembersih Jamur

Apabila ingin membersihkan jamur tanpa bekas maka gunakan cairan khusus pembersih jamur. Cairan pembersih jamur ini dapat Anda buat sendiri. Pertama-tama dengan mencampurkan cairan pemutih baju dengan cairan pencuci piring ke dalam wadah. 

Adapun komposisi yang digunakan yakni 1:1. Selanjutnya mencelupkan ujung sponge pencuci piring ke dalam cairan. Gosokkan pada permukaan jok yang tadinya ditumbuhi jamur perlahan-lahan. Cara menggosoknya ke satu arah supaya bahan tidak mudah rusak dan sisa jamur dapat dengan mudah dibersihkan.

5. Kain Microfiber Untuk Mengeringkan 

Proses pengeringan juga wajib diperhatikan karena akan berpengaruh terhadap aroma interior mobil. Anda wajib melakukan pengeringan diseluruh permukaan jok yang ada di dalam mobil.

Tentunya pengeringan dilakukan setelah semua jok dibersihkan dari jamur. Adapun alat yang pas digunakan adalah kain berbahan microfiber. Cara mengeringkannya dengan mengelap ke satu arah supaya permukaan jok mobil tidak rusak.

Setelah dikeringkan biarkan semua pintu mobil tetap terbuka dan dibawah sinar matahari. Biarkan kondisi seperti ini sekitar 30 menit. Paparan dari cahaya matahari membantu mengeringkan jok secara alami, asalkan tidak terlalu lama.

Jamur sering kali menyerang bagian interior mobil ketika musim hujan tiba. Oleh sebab itu, cara paling efektif mencegah jamur berkembang biak dengan memanaskan mobil 3 kali dalam seminggu. 

Saat mobil dipanaskan sebaiknya semua pintu dan jendela dibuka. Selain itu, apabila cover mobil basah karena diguyur hujan sebaiknya cuci untuk mencegah jamur menempel. Barulah cover mobil dijemur sampai kering dan dapat digunakan kembali.

Hal Memperpendek Usia Sarung Jok Mobil, Selain Jamur

Masalah yang menyerang jok mobil tidak hanya disebabkan oleh jamur saja. Berikut ini berbagai hal yang membuat umur jok mobil semakin pendek atau tidak awet digunakan.

  1. Kebiasaan minum dan makan sembarangan di dalam mobil.
  2. Membiarkan mobil diterpa terik sinar matahari langsung. Jadi ketika diparkirkan tidak menutup mobil, dijemur begitu saja.
  3. Meletakan benda-benda tajam yang berpotensi merusak permukaan jok mobil. Contohnya gunting, jarum, pulpen, dan lain-lain.
  4. Tidak melakukan perawatan rutin dengan cara mengelap menggunakan cairan pelembab khusus.
  5. Cara duduk salah yakni tidak diam dan menggesekkan celana. Perilaku tersebut membuat permukaan jok mobil cepat rusak dan lecet.

Mengintip Harga Jok Mobil

Jamur yang hinggap di jok mobil memang sukar dihilangkan. Apabila jamur belum menyebar dapat dibasmi. Namun, jika kondisinya seluruh permukaan jok mobil terkena jamur maka ada baiknya mengganti sarung jok mobil.

Anda dapat melihat banyak rekomendasinya di website resmi Jok Mobil Murah (https://www.jokmobilmurah.com). Banyak juga pilihan harga sarung jok mobil murah yang berkualitas. Ayo cek sebelum kehabisan oleh pelanggan lain.