Press "Enter" to skip to content

Menjual Sepatu Anda Secara Online: Bisnis Masa Kini

Sekarang, siapa saja bisa menjual barang mereka. Kapan saja dan dimana saja anda berada, pasti akan ada orang yang ingin membeli sepatu seperti jenis sepatu sneakers. Dan jika anda ingin menjual, maka anda harus bisa mencari tempat yang cocok untuk menjual sepatu. Tempat tersebut ini bisa ditemukan secara online. Tapi belum tentu ada orang orang yang ingin membeli sepatu anda. Meskipun sudah di posting secara online, anda tetap harus bisa mencari cara untuk menjangkau pembeli. Di artikel hari ini, kita akan fokus ke tata cara menjual sepatu secara online. Namun ini hanya untuk kepentingan individual dan bukan untuk menjual dalam skala besar.

Contohnya adalah teman teman memiliki sepatu bekas yang ingin dijual. Sekarang, anda bisa menjual barang ini dengan cepat dan juga hampir instan. Ada beberapa orang yang berhasil menjual sepatu mereka dengan harga yang lumayan bagus. Penasaran dengan cara caranya? Simak artikel berikut ini.

Mencari platform untuk menjual sepatu

Menjual sepatu online harus dilakukan dengan teliti dan dengan baik. Untuk memastikan semua prosesnya lancar, maka harus ada platform atau tempat untuk menjual barang anda. Beberapa platform yang bisa anda coba adalah seperti toko online, Instagram, Facebook, dan lain lain. Ada juga platform lainnya seperti e-commerce. Ini merupakan tempat jual beli paling ramai dan sering dikunjungi oleh banyak orang. Platform yang bagus harus bisa menyediakan anda kemudahan dan transaksi yang sangat cepat.

Dari semua platform yang diatas, kita akan mengulas semuanya hari ini. Masing masing platform juga memiliki keunggulan masing masing.

Menjual Sepatu Melalui E-commerce

Pilihan pertama yang akan kita bahas hari ini adalah situs e-commerce. Di Indonesia sendiri, ada banyak sekali aplikasi dan perusahaan besar. Aplikasi aplikasi e-commerce ini memberikan layanan sebagai pihak ketiga dalam menjual barang anda. Siapa saja bisa menjual produk mereka secara daring dan mudah.

E-commerce bias menjadi tempat bagi anda yang ingin menjual dengan aman. Salah satu keunggulan yang bisa teman temna dapatkan dari menjual barang di e-commerce adalah regulasi dari aplikasi . Regulasi tidak bisa di dapatkan dari tempa tempat jual online lainnya. Regulasi yang diberikan adalah seperti jaminan bahwa uang akan masuk ke rekening anda dengan aman. Regulasi lainnya adalah seperti komunikasi antar pembeli dan penjual. Ini mejadi fitur unik dari menggunakan e-commerce tersebut.

Cara untuk menjual online melalui platform e-commerce sangatlah mudah. Langkah pertama adalah, penjual harus membuat akun di situs e-commerce tersebut. Ini bisa menjadi salah satu langkah yang rumit jika masih baru di dunia transaksi online. Setelah membuat akun, maka anda pun bisa langsung melakukan verifikasi data. Verifikasi ini merupakan langkah yang sangat penting supaya para pembeli bisa diyakinkan bahwa anda menjual barang asli. Langkah yang satu ini biasanya memakan waktu beberapa jam saja. Kemudian, para penjual bisa melakukan listing barang yaitu menaruh barang secara online untuk dibeli pelanggan.

Listing barang harus anda lakukan secara semenarik mungkin. Dua hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah foto dari barang yang ingin teman teman jual. Foto harus diambil secara jelas dan juga menarik. Ini akan menjadi daya tarik para pelanggan saat membeli barang anda. Setelah itu, deskripsi juga harus dibuat secara jelas. Karena deskripsi akan memberikan para pembeli gambaran tambahan sebelum embeli produk anda. Deskripsi ini harus meliputi kualitas barang yang dijual. Jangan lupa memasang harga yang bisa bersaing di pasar jual beli sepatu online.

Menjual Sepatu Melalui Instagram

Melakukan transaksi di Instagram sangat mudah dan merupakan cara paling cepat. Dengan Instagram, anda bisa menjangkau ratusan orang dalam waktu yang cepat. Ini karena masyarakat umum menghabiskan sebagian besar waktu mereka bermain media sosial. Namun kelemahan dari menggunakan jual beli di Instagram adalah platform ini tidak memiliki regulasi. Sehingga tidak akan ada jaminan bahwa pembeli akan selalu membayar atau jaminan bahwa transaksi akan selalu aman. Itulah mengapa anda harus ekstra waspada saat melakukan transaksi di Instagram.

Dalam bertransaksi sepatu secara online di Instagram, ada dua cara unik yang bisa anda coba. Cara pertama adalah dengan membuat akun anda sendiri. Ini bisa menjadi cara yang paling sempurna jika anda ingin membuka toko. Namun jika tidak, maka anda jug abisa mempromosikan produk yang ingin dijual menggunakan profile Instagram pribadi.

Caranya juga mirip dengan menjual barang di e-commerce. Pertama tama, penjual harus menyiapkan foto dan juga deskripsi atau caption. Ini penting karena Instagram hanya akan mendasarkan postingan dari dua hal tersebut. Tidak akan ada lagi hal yang bisa dilihat dari pelanggan selain foto dan juga deskripsi.

Consignment Store Instagram

Ada juga cara kedua yaitu disebut dengan consignment store. Melalui consignment store, teman teman semua tidak perlu membuat akun baru. Karena, anda bisa menggunakan jasa dari akun akun Instagram terbesar untuk menjual produk anda. Ini adalah cara yang efektif. Karena dengan menggunakan jasa akun lain, anda akan mendapatkan jaminan bahwa transaksi akan berjalan dengan lancar. Namun ada juga harga yang harus dibayar dengan semua pelayanan yang anda akan terima. Untuk mendapatkan jaminan, para pemilik sepatu harus membayar fee atau sejumlah uang kepada pihak akun. Fee atau harga ini biasanya ditetapkan dengan harga yang murah. Contohnya adalah sebesar Rp 10 ribu hingga Rp 50 ribu tergantung dengan barang.

Untuk menjual sepatu secara online, anda hanya perlu menyiapkan barang terlebih dahulu. Kemudian anda bisa langsung menghubungi pihak akun Instagram untuk menanyakan mengenai fee dan prosedur. Mereka akan memberikan informasi lengkap mengenai prosedur standar untuk menjual sepatu anda. Kemudian, barang pun bisa anda kemas ketika sudah ada pembeli. Ongkos dan biaya kirim biasanya ditanggung oleh para pembeli.

Sehingga anda hanya perlu mengemas barang dan mengirimkan barang ke alamat yang dituju. Alamat ini sudah disediakan oleh pihak pembeli. Setelah transaksi dan barang sudah selesai, maka uang akan dikirimkan ke anda. Pihak ketiga ini akan menjamin bahwa kedua pihak sudah menerima barang dan juga uang. Berikut adalah cara menjual barang dari selain dari toko sepatu online.