Press "Enter" to skip to content

Perbedaan Skala Pengerjaan Konveksi baju

Konveksi baju merupakan suatu usaha yang melibatkan banyak orang karena merupakan suatu usaha rumahan dengan skala besar. Meski tujuannya sama berhubungan dengan penjahitan baju, tetapi keberadaan konveksi berbeda dengan penjahit rumahan.

Bisa dikatakan bahwa konveksi merupakan suatu industri kecil yang dikerjakan di rumahan namun hanya menerima dalam jumlah besar. Dalam artian terdapat minimal pemesanan yang tercantum pada konveksi.

Adapun batas minimum pemesanan tersebut tergantung konveksi yang mennetukan. Ada yang menentukan batas minimal setengah lusin atau 6 pcs. Ada juga yang minimal satu lusin atau 12 pcs atau satu kodi alias 20 pcs.

Oleh sebab itu, bagi anda yang ingin memesan baju atau kaos di konveksi, maka sebaiknya menanyakan dulu minimal pemesanan agar tidak terjadi kendala anda ke depannya. Adapun jumlah tersebut nantinya dapat mempengaruhi harga baju tiap pcsnya.

Sebagaimana bentuk dan keberadaan Konveksi baju terbagi menjadi dua tipe skala. Berikut kedua skala konveksi yang perlu anda ketahui.

Konveksi Skala Rumahan

Bagi pemilik modal yang pas-pasan dan jumlah orang yang sedikit, menggunakan konveksi rumahan merupakan suatu pilihan yang tepat. Hal ini disebabkan karena untuk membuat konveksi rumahan anda tidak perlu membutuhkan modal yang sangat besar untuk menjalankannya.

Adapun konveksi skala rumahan adalah suatu usaha konveksi yang dilakukan di rumah. Dalam artian level dari konveksi jenis ini masih kecil dengan jumlah karyawan dan modalnya masih sedikit namun sudah berjalan menerima pesanan sebagaimana konveksi baju.

Dalam pelaksanaannya biasanya konveksi rumahan memiliki manajemen yang berlaku namun cenderung kurang maksimal. Sehingga ketika menjumpai konsumen atau pemesan dalam jumlah banyak, pihak konveksi akan kuwalahan saat menghadapinya.

Berbeda jika kondisi menejement sudah tertata rapi, maka otomatis akan lebih mudah dalam menghadapi pmesan baik dalam jumlah sedikit maupun banyak.

Biasanya konveksi skala rumahan memiliki mesin jahit tidak lebih dari 20 dan satu mesin obras. Hal ini menjadikan pengerjaan yang dilakukan di konveksi rumahan sedikit terbatas karena sumlah sarana dan prasarana yang disediakan tidak sebanyak konveksi skala besar.

Konveksi Skala Besar

Konveksi baju yang sudah menjadi konveksi baju skala besar tentu memiliki kondisi yang berbeda dari konveksi skala rumahan. Dari jumlah mesin yang disediakan, baik mesin jahit maupun mesin sablon atau mesin obras semuanya memiliki kapasitas yang lebih baik.

Hal ini disebabkan karena konveksi dengan skala besar memiliki modal yang tentu sangat besar sehingga memudahkan untuk memenuhi kebutuhan produksi yang mana dapat mempengaruhi kecepatan dan hasil dari produk konveksi ini.

Konveksi skala besar biasanya memiliki karyawan yang banyak dengan bagian tugas yang dispesifikan masing-masing. Dari mulai divisi desain, divisi cutting, divisi quality control dan masih banyak lagi. Ha ini menyebabkan pengerjaan dari konveksi skala besar lebih cepat.

Selain itu alat yang digunakan juga cenderung lebih modern daripada konveksi rumahan. Dalam artian akan mempengaruhi kecepatan produksi baju karena alat yang digunakan cukup mendukung kebutuhan.

Perbedaan Konveksi Skala Rumahan dan Skala Besar

Perbedaan mendasar adalah keduanya memiliki jumlah karyawan dan alat yang berbeda. Konveksi skala rumahan memiliki jumlah karyawan dan alat yang lebih sedikit sehingga cenderung menghabisakna waktu yang agak lama daripada konveksi skala besar.

Sedangkan konveksi skala besar memiliki banyak karyawan dan alat produksi yang dapat memenuhi kebutuhan. Sehingga dapat menunjang jalannya produksi dengan meminimalisir waktu yang digunakan. Sehingga proses produksi lebih cepat diselesaikan.

Konveksi skala rumahan biasanya memproduksi barang atau produk yang nantinya dikonsumsi oleh pasar tradisional atau diperjual belikan di lingkup kecil. Karena jumlah yang tidak terlalu banyak.

Meski demikian tidak menutup kemungkinan konveksi rumahan bisa masuk di pasar perkotaan. Tergantung jasa marketing dan kualitas produk yang ditawarkan oleh konveksi rumahan tersebut.

Sedangkan konveksi skala besar cenderung merata karena produk yang dihasilkan cukup banyak dan dapat menjawab kebutuhan pasar. oleh sebab itu menjadikan jangkauan penyebaran produk dari konveksi skala besar semakin meluas.

Keduanya sebenarnya dipengaruhi oleh system marketing, semakin baik bagian marketing suatu konveksi, maka akan semakin luas pula jangkauan produk dari konveksi tersebut

Persamaan Konveksi Skala Rumahan dan Skala Besar

Persamaan konveksi rumahan dan konveksi skala besar adalah keduanya sama-sama merupakan unit usaha yang didirikan untuk focus menjahit atau memproduksi suatubahna industry.

Karena keduanya menggunakan sebutan konveksi, maka keduanya memiliki hasil yang sama. Yakni sebuah baju atau kaos, cela, jaket atau berbagai kebutuhan yang berkaitan dengan kain dan benang.

Keduanya juga menerima pemesanan baik jumlah minimum pemesanan atau jumlah besar. Keduanya menerima jasa pemesanan baju dan memiliki tengang waktu yang berbeda.

Tidak hanya itu, keduanya juga memiliki barang yang di stok di gudang konveksi sehingga jika sewaktu-waktu terdapat penjual yang ingin membeli barang dari konveksi tersebut tinggal mengambilnya tanpa perlu memesan terlebh dahulu.

Perbedaan Harga Yang Ditawarkan

Sebenarya keduanya memiliki harga yang cenderung miring daripada di toko yang sudah banyak dipasaran. Hanya saja pembedanya terletak pada jumlah produksi. Jumlah produksi yang banyak akan menurunkan harga penjualan produk.

Jika pemesanan atau produksi yang dilakukan tersebut dilakukan dalam jumlah atau kuantitas yang banyak, tentu harga yang akan ditawarkan pun akan lebih murah daripada pemeanan dalam jumlah sedikit.

Hal ini berhubungan dengan jumlah bahan dan berbagai hal yang dibutuhkan dalam proses pembuatan baju atau kaos yang diproduksi. Pembelian semakin banyak akan mendapatkan potongan harga yang semakin banyak pula.

Oleh sebab itu, penentu harga bukan dominan dari konveksi besar atau kecil, tetapi lebih kepada kuantitas yang sedang dipesan atau dibeli tersbeut. Itu lebih mempengaruhi harga.

Namun tidak bisa dipungkiri juga bahwa harga yang dibanderol oleh konveksi baju skala besar cenderung lebih murah karena alat yang digunakan biasanya lebih canggih sehingga memudahkan proses produksi.

Hal ini bisa di gunakan acuan jika anda membandingkan harga antara konveksi baju rumahan dan konveksi skala besar. Tetapi tentu tak lepas dari kualitas dan bahan yang digunakan untuk memproduksi barang yang dipesan.