Press "Enter" to skip to content

Perlengkapan Pekerja dan Alat Safety

Tanpa kita sadari banyak sekali perlengkapan pekerja yang berada dalam ketinggian. Pekerjaan ini bisa seperti membersihkan gedung, memperbaiki kabel, ataupun berbagai perlengkapan alat kerja yang berada dalam berbagai industri lain. Seperti yang kita ketahui, berada dalam ketinggian memiliki resiko yang sangat besar. Jika tidak berhati-hati maka pekerja bisa jatuh, luka, cedera hingga meninggal. Ketinggian juga tempat kerja yang tidak aman karena susah seimbang karena tidak di darat. Itulah mengapa ketika ada pekerjaan yang berada dalam ketinggian, diperlukan protokol khusus serta pengetahuan wajib tentang K3. Para pekerja harus di edukasi tentang hal-hal ini agar mereka mengerti bagaimana harus bergerak agar tidak membahayakan diri.

Dalam mempersiapkan protokol ini, diperlukan juga persiapan alat. Kecelakaan adalah sesuatu yang tidak bisa sepenuhnya di eliminasi. Maka dari itu, perlu ada persiapan khusus untuk meminimalisir resiko dan bahaya. Ini bisa dilakukan dengan mempersiapkan beberapa alat pelindung diri. Alat-alat ini adalah seperti berikut.

Safety Belt

Safety Belt seperti namanya adalah sebuah pengikat khusus untuk pinggang. Safety belt melindungi dan membantu keseimbangan khusus bagian pinggang. Mirip seperti harness, safety belt dipasang ke lanyard yang dipasang ke anchor sebagai pusat pengarahan. Safety belt sendiri disarankan untuk tidak dipakai dengan sendirinya karena ia hanya akan memberikan pengamanan yang sedikit ketika jatuh. Safety belt lebih menjuru kepada pengendalian keseimbangan daripada untuk pencegah jatuh pada pekerja.

Full Body Harness

Full body harness adalah sesuatu yang dapat melindungi seluruh tubuh. Ia adalah pengikat yang mengikat dari dada hingga paha. Ini adalah salah satu pengikat yang paling penting untuk dipakai jika di ketinggian karena sangat menjaga keseluruhan tubuh. Harness juga didesain agar tetap menjaga keseimbangan tubuh dengan baik. Safety harness sendiri diikat ke ke lanyard yang akan dipasang lagi ke anchor. Dengan begitu, pergerakan pekerja akan tetap terpantau dan terarah.

Shock Absorber

Shock absorber adalah salah satu alat yang bekerja langsung ketika ada jatuh. Shock absorber sendiri memiliki nama lain yaitu alat penahan jatuh. Seperti namanya, alat penahan jatuh, ia dapat menahan pekerja sebelum badannya jatuh ataupun terjun bebas. Shock absorber biasanya didesain dengan memikirkan lanyard. Ia bisa didesain dekat dengan lanyard ataupun terpisah. Shock absorber bisa menerima beban berat yang cukup berat juga, hingga 100 kg. Ia juga dapat melakukan ini dengan ketinggian yang cukup mengesankan, yaitu 1,8 meter.

Lanyard

Lanyard juga seperti shock absorber memiliki fungsi yang sangat penting ketika ada jatuh. Ini juga adalah alat penahan ketika adanya guncangan. Lanyard adalah tali pendek pengikat yang berfungsi menahan pekerja ketika tiba-tiba pekerja tanpa sengaja jatuh dan terjun bebas. Pekerja dapat diamankan dengan alat ini karena terjun bebas dapat dibatasi hingga 1,2 meter. Lanyard dalam pekerja dipasang sejajar dengan dada agar ketika jatuh jarak tubuh saat jatuh tidak terlalu jauh. Lanyard pada umumnya berada ditengah anchor point dan body harness. Dengan ini, perlengkapan pekerja sangat penting untuk dimiliki.

Anchor point (anchor)

Di dalam artikel ini sudah beberapa kali disebut kan anchor. Nah, sebenarnya, apa sih anchor itu? Anchor adalah penahan yang paling penting dan paling kuat dalam ketinggian. Anchor harus selalu dipastikan terhubung dengan lifeline dan juga dieratkan dengan lanyard. Karena anchor adalah salah satu bagian terpenting, maka harus dipastikan stabil dan tidak goyang. Letaknya juga penting dan ditempat yang pas sesuai dengan kebutuhan.

Untuk tipe anchor sendiri ada bervariasi tergantung dengan kebutuhan. Jika dibutuhkan untuk menjaga pekerja agar tidak jatuh maka ada anchor yang dibuat khusus untuk menahan beban sekitar 3,5 kN (363 kg). Itu kira-kira 4 kali berat pekerja. Namun, jika tujuannya adalah untuk menahan ketika jatuh, maka anchor harus dipersiapkan menahan berat lebih. Ini kira-kira sekitar 22kN (2,5 ton)

Fall arrestor (rope grab)

Rope atau tali ini adalah tali yang mengamankan pekerja dengan perlengkapan pekerja ketika ia sedang bergerak. Tali ini cukup panjang. Ia juga mengikuti pekerja dengan baik ketika pekerja pindah ke lokasi satu ke yang lain. Ini secara vertikal maupun horizontal. Jika pekerja naik ke atas, maka ia pun akan ikut naik mengikuti gerak pekerja. Jika dalam keadaan tidak baik dan pekerja jatuh, maka alat ini akan langsung bertahan pada lifeline dan erat disitu untuk mengamankan pekerja.

Lifeline

Lifeline adalah alat pengaman yang biasanya dikaitkan pada anchor. Ia terbuat dari serat, kawat, ataupun anyaman. Secara umum, lifeline harus memiliki kekuatan 2,75 ton dengan diameter tali 60 mm. Lifeline sendiri fleksibel dan bisa dipasang bagaimana pun sesuai dengan kebutuhan.

Retractable lifeline

Selain lifeline biasa, ada juga yang namanya retractable lifeline. Alat ini dipasang ketika posisi tubuh sedang tegak. Ia  memiliki fungsi untuk mengunci tubuh jikalau tiba-tiba ada tarikan.

Itulah beberapa dari alat yang dibutuhkan jika kalian bekerja pada ketinggian. Pastikan saat membeli alat ini dan akan menggunakannya bahwa mereka semua sudah sesuai standar. Hal ini bisa disesuaikan dengan protokol serta pedoman K3 yang ada. Pastikan juga ukuran serta bahannya yang paling cocok untuk para pekerja. Selain itu, alat-alat ini juga harus secara rutin di cek, karena bisa saja mereka rusak sebelum pemakaian, ataupun mulai berkarat.

Bisa jadi juga mereka sudah mulai rapuh, Jika ini tidak diperhatikan maka semua pembelian dan protokol ketat akan sia-sia. Pastikan juga para pekerja mengerti cara memakai perlengkapan pekerja ini dan tidak asal memakainya. Jika asal menggunakan maka efisiensi barang juga akan sia-sia dan keamanan pun tidak ada. Perhatikan juga standar-standar yang dipenuhi perlengkapan safety tersebut dan jeli lah dalam memilih alat yang mana yang akan anda beli.

Ketinggian memang tampak sebagai area pekerjaan yang sangat membahayakan. Itu adalah pernyataan yang sangat tepat jika pekerja serta perusahaan tidak memiliki persiapan yang cukup. Dengan alat yang pas serta protokol yang benar, bekerja di ketinggian bisa menjadi sesuatu yang sangat aman dan nyaman bagi para pekerja. Jika anda ingin mencari alat-alat ini, maka anda bisa mampir ke toko alat safety.