Press "Enter" to skip to content

Rincian Biaya Kolam Renang Minimalis Dari Kontraktor Kolam Renang Terpercaya

Sebelum membangun kolam renang, biasanya kontraktor kolam renang akan menyimpulkan beberapa perkara yang harus Anda ketahui sebagai calon pembangun kolam renang. Perkara yang dimaksud adalah biaya pembuatan kolam renang itu sendiri.

Umumnya, biaya kolam renang itu sangat beragam. Pasalnya disesuaikan dengan beberapa aspek seperti;

  • Lokasi pembangunan kolam renang
  • Material yang digunakan untuk membangun kolam renang
  • Ukuran kolam renang
  • Jenis atau model kolam renang
  • Finishing yang diinginkan pemilik

Mengetahui biaya kontraktor kolam renang terpercaya ini sangat penting bagi pemilik. Tujuannya agar bisa menyiapkan dana yang dibutuhkan untuk membangun kolam renang. Bagi yang penasaran, berikut beberapa biaya untuk mebuat kolam renang minimalis dengan ukuran 3 meter x 7 meter

Biaya Pembuatan Galian Kolam Renang

Tahap awal yang harus dilakukan untuk membangun kolam renang adalah membuat galian. Galian kolam renang disediakan dengan ukuran kolam renang yang ingin dibuat. Sebagai contohnya, Anda menginginkan kolam renang dengan ukuran 3m x 7m dengan kedalaman 1,4m.

Jadi galian yang dibutuhkan kontraktor kolam renang di sini adalah 3,6 m x 7,6 m x 1,65 m untuk kedalaman kolam. Bagi yang kedalam kolamnya lebih dari 3 meter disarankan menggunakan excavator untuk proses pengerjaan yang lebih cepat dan tidak menambah biaya.

Biaya galian kolam renang ini disesuaikan dengan struktur tanah di kolam renang tersebut. untuk kolam renang dengan tanah kapur biasanya harga galian mencapai 400 ribu hingga 500 ribu. Untuk tanah biasa umumnya hanya Rp 130 ribu hingga Rp 150 ribu. Kita asumsikan biaya galiannya Rp 5 juta.

Biaya Bekisting Kolam Renang

Kontraktor kolam renang berpengalaman selanjutnya juga membutuhkan rincian biaya bekisting. Ini menjadi konstruksi pendukung yang sifatnya sementara karena menjadi cetakan untuk membuat bentuk konstruksi beton kolam renang ketika beton kolam renang masih lembek.

Untuk membuat bekisting yang berkualitas biasanya menggunakan dua jenis bahan, yakni batako dan juga triplek. Harga batako saat ini adalah Rp 2 ribu per buah hingga Rp 3500 per buah. Sedangkan untuk triplek harga nya adalah Rp 80 ribu hingga Rp 100 ribu.

Selain triplek biasanya juga membutuhkan balok, kayu kaso dan juga bambu untuk alat penunjang supaya bekisting yang dibuat lebih kokoh. Biaya pembuatan bekisting dari berbagai kontraktor kolam renang itu beragam tapi biasanya ada di angka Rp 10 juta.

Biaya Untuk Pembesian Dan Pengecoran Konstruksi Kolam Renang

Bisa disebut jika biaya pembesian dan juga pengecoran untuk konstruksi kolam renang membutuhkan biaya yang paling besar ketika membangun kolam renang. Contohnya untuk membuat kolam renang berukuran 3m x 7m dengan kedalaman 1,4 meter biasanya memerlukan 8 besi dengan 2 lapis.

Tapi jangan lupa, kontraktor kolam renang harga terjangkau juga membutuhkan sloof serta kolom kolam renang. Ini disesuaikan dengan beban air serta beban beton kolam renang yang akan dibuat. Diasumsikan biaya untuk pembesian kolam renang dengan ukuran minimalis ini adalah Rp 10 juta.

Selain itu untuk konstruksi kita membutuhkan beton. Dengan ukuran kolam renang minimalis ini, Anda membutuhkan beton sebanyak 7,5 m3. Jika harga di pasaran setiap beton ditambah ongkos tukang adalah Rp 1,3 juta hingga Rp 1, 5 juta, maka total biayanya adalah Rp 11 juta.

Biaya Finishing Kolam Renang

Tahap berikutnya untuk membuat kolam renang di sini adalah tahan finishing. Proses finishing yang dilakukan kontraktor kolam renang ini terbagi menjadi beberapa bagian. Umumnya proses finishing untuk lantai kolam renang, finishing untuk dinding kolam renang dan juga pemasangan border untuk kolam renang.

Agar finishingnya sempurna dan memberi kolam renang terbaik, biasanya menyesuaikan dengan bahan atau material finishing yang kita miliki. Bagi yang menggunakan material mozaik biasanya mencapai Rp 450 ribu per m2. Bagi yang menggunakan material batu alam bisa mencapai Rp 120 ribu per m2.

Sedangkan untuk pemasangan keramik untuk finishing ini, kontraktor kolam renang paling murah mematok biaya Rp 100 ribu hingga Rp 180 ribu per m2. Hal ini belum termasuk material bantu dan juga ongkos untuk tenaga atau upah tenaga ahli.

Sebelum melakukan pemasangan finishing tersebut, biasanya diperlukan waterprofing kolam renang. Tujuan proses ini agar bisa menjaga konstruksi kolam renang tidak bocor ketika diberikan air. Mari kita biaya simulasi finishing kolam renang ini.

Dengan ukuran kolam renang yang mau dibuat selebar 3 m x 7 m dengan kedalam 1,4 meter dan volume yang diperlukan adalah 50m2, maka kita asumsikan menggunakan keramik, biaya finishing yang dibutuhkan di sini adalah Rp 12 juta. Biaya ini relatif sesuai material yang diinginkan.

Biaya Untuk Membuat Pipa Dan Aksesoris Kolam Renang

Untuk menjalankan kolam renang yang sesuai dengan standar internasional, tentu saja diperlukan beberapa alat kolam renang yang disarankan. Yang paling utama di sini adalah pipa kolam renang. Memasang aksesoris kolam renang, memasang pompa dan juga sand filter kolam renang.

Umumnya kontraktor kolam tenang membutuhkan biaya yang disesuaikan dengan merek masing-masing alat tersebut. Artinya, semakin berkualitas merk alat yang Anda inginkan, maka harga atau biaya pembuatan pipa serta aksesoris ini cukup mahal.

Sebagai contohnya, Anda menggunakan pipa ¾ HP merk Hayward, sand filter Hayward. Maka asumsi biayanya adalah Rp 25 juta rupiah. Merk ini adalah standar di dunia kolam renang. Ada beberapa merk yang lebih berkualitas dan ada juga yang lebih rendah. Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan.

Kesimpulan Biaya Pembuatan Kolam Renang

Untuk biaya kolam renang ini, bisa kita simpulkan berapa totalnya. Untuk rinciannya sebagai berikut;

  1. Biaya untuk membuat galian kolam renang seperti yang sudah dibahas membutuhkan dana Rp 5 juta
  2. Biaya untuk membuat bekesting kolam renang yang kokoh seharga Rp 10 juta
  3. Biaya untuk melakukan pembesian kolam renang serta membuat konstruksi kolam renang (khususnya pengecoran) membutuhkan dana sebesar Rp 25 juta rupiah
  4. Biaya untuk finishing kolam renang agar lebih indah dan tampil mewah membutuhkan biaya sebesar Rp 10 juta
  5. Biaya untuk pemipaan kolam renang, aksesoris kolam renang, pola dan sand filter membutuhkan biaya Rp 25 juta
  6. Untuk biaya tukang membuat kolam renang memerlukan dana Rp 25 juta
  7. Jika memakai jasa kontraktor tentu saja ada biaya tambahan

Itu adalah biaya untuk membuat kolam renang dengan ukuran 3 m X 7 m dengan kedalamaan 1,4 meter. Biaya yang kami rincikan di atas hanya biaya sederhana saja. saat membuat kolam renang, khususnya ketika menggunakan jasa kontraktor kolam renang, mungkin ada beberapa biaya tambahan.