Press "Enter" to skip to content

Tips Saat Membuka Bisnis Jasa Penerjemah

Saat ingin memulai bisnis, keberanian adalah hal yang sangat penting. Bisnis di era sekarang itu sangat melimpah. Terlebih bisnis yang dijalankan menggunakan sistem online. Anda hanya perlu memilih bisnis apa yang sesuai dengan minat dan kemampuan saja. Contoh bisnis yang bisa dicoba adalah membuka jasa terjemah tersumpah.

Kita sudah tahu jika bisnis ini memang sudah ada sejak dahulu. Karena memang bahasa di dunia sangat berbeda-beda. Tentu membutuhkan penghubung yang nantinya bisa mengerti satu dengan yang lain. Terlebih bagi yang tidak tahu bahasa yang bersangkutan. Contohnya untuk negoisasi bisnis, beasiswa dan sebagainya. Bagi yang menguasai beberapa bahasa asing, membuka bisnis jasa terjemah bisa dicoba.

Tidak sulit untuk membuka jasa terjemah tersumpah. Yang paling penting, Anda mau berusaha dan tentunya tidak mudah putus asa. Meskipun begitu, jika membuka usaha tanpa perencanaan tentu hasilnya tidak akan optimal. Di artikel ini kita akan membahas beberapa tips membuka jasa terjemah. Berikut tipsnya.

Tentukan Target Pasar Terlebih Dahulu

Memulai bisnis tentu saja harus tahu target pasar yang akan diincar. Termasuk saat ingin membuka bisnis jasa terjemah. Di sini Anda harus tahu untuk siapa bisnis ini akan didirikan. Dengan begitu, marketing yang akan dilakukan bisa lebih fokus dengan hasil yang lebih memuaskan.

Umumnya, rentang klien di pasar jasa terjemah itu sangat luas karena mencangkup bebagai aspek. Jasa ini dibutuhkan oleh kalangan pelajar, mahasiwa, perusahaan, aparatur sipil negara hingga pekerjan profesional. Semua target pasar ini tidak bisa disamaratakan karena punya kebutuhan yang berbeda-beda.

Kenali dulu seperti apa kebutuhan para target pasar tersebut. Dengan begitu, gaya marketing yang Anda lakukan juga berbeda. Dengan kenal target pasar, tentu saja Anda juga bisa menentukan standar kualitas bisnis penerjemahan yang sedang dilakukan. Untuk pasar yang lebih luas, disarankan buka secara online juga.

Tentukan Seperti Apa Strategi Pemasaran Yang Akan Dilakukan

Setelah target pasar ditemukan, kini beralih ke bagian yang tidak boleh ketinggalan. Jadi sebelumnya Anda sudah tahu siapa saja yang diinginkan sebagai pengguna dari jasa terjemahan yang akan dibuka.  Setelah itu, tentukan juga bagaimana cara menggait target pasar tersebut untuk menggunakan jasa Anda.

Baca juga: Hal-hal yang Orang Tua Harus Lakukan Terhadap Anak Yang Bermain Judi

Untuk caranya, Anda tinggal menentukan strategi pemasaran yang akan dilakukan. Mengingat target pasar di jasa ini sangat beragan, tentu setiap pemasaran juga berbeda-beda karena disesuaikan dengan target pasar yang diinginkan tadi. Jangan sampai salah saat memasarkan jasa karena akan menentukan hasil.

Dengan strategi pemasaran yang cocok, bisnis jasa penterjemah ini akan terus berkembang. Untuk langkah awal, Anda bisa saja membuka sistem pemasaran online. Dengan begitu, target pasar bisa lebih luas dan akhirnya tujuan bisnis bisa tercapai. Jangan sungkan untuk membuat promo di awal pembukaan jasa.

Mulai Dulu Dengan Menerima Pesanan Freelance

Freelance adalah pekerjaan tambahan yang sistem kerjanya remote alias bisa dilakukan di mana saja. Pekerjaan seperti ini sangat cocok untuk dijadikan tambahan bagi mahasiswa, pekerja ataupun ibu rumah tangga. Di internet banyak sekali website yang memperkerjakan freelance online sesuai bidangnya masing-masing.

Contoh jasa freelance yang paling banyak dicari di sini adalah penerjemah online. Disarankan untuk ikut program freelance ini terlebih dahulu selama pemasaran berlangsung. Pertama bangun portofolio sebanyak mungkin agar klien lebih yakin. Menemukan jasa penterjemah yang berkualitas tidaklah mudah tapi bukan berarti tidak ada.

Selain itu, menjadi seorang penerjemah tersumpah juga tidak bisa instan. Bekerjalah sebagai seorang freelance terlebih dahulu agar bisa mengembangkan jaringan bisnis Anda. Selain itu, langkah ini juga membuat pengalaman di dunia terjemah bisa lebih banyak. Tawarkan jasa ke individu yang membutuhkannya.

Tidak apa mendapat upah yang kecil dimasa ini. Karena yang menjadi fokus masih pengalaman. Sesekali tawarkan juga jasa Anda ke perusahaan yang membutuhkan jasa penerjemah. Peluang Anda sangat besar karena di era modern seperti sekarang, bahasa terkadang menjadi penghambat suatu bisnis.

Tingkatkan Sumber Daya Yang Anda Miliki

Selama bisnis, jangan lupa untuk meningkatkan sumber daya yang Anda miliki sebaik mungkin. Meningkatkan sumber daya ini bisa dilakukan di berbagai aspek. Lakukan peningkatan di bidang sumber daya produk dan juga sumber daya manusianya. Untuk produk, kenali dan pelajari dulu bagaimana cara kerja kompetitor.

Meniru usaha kompetitor bukanlah hal yang dilarang. Anda bisa menggunakan konsep Amati Tiru dan Modifikasi. Setelah itu, selanjutnya adalah meningkatkan sumber daya manusia yang ada didalam jasa. Langkah pertama, pilih beberapa orang yang dikira handal dan mampu menjadi partner untuk membuka bisnis jasa penterjemah.

Misalnya Anda bisa berbahasa Inggris dan mau melebarkan sayap ke bahasa lainnya. Tentu cari teman yang juga ahli dalam bahasa tersebut. Contoh mencari teman atau patner yang handal dalam bahasa Jerman, Arab, Mandirin atau sebagainya. Dengan cara ini, Anda bisa menambah variasi produk jasa yang telah dibuka sebelumnya.

Selama masa transisi ini, melihat kondisi jasa secara menyeluruh sangatlah penting. Anda sebagai pemilik harus melihat bagaimana tim bekerjasama ketika menghadapi pesanan konsumen. Pastikan konsumen yang dilayani benar-benar puas. Berikan layanan semaksimal mungkin agar mereka mau menggunakan jasa Anda untuk jangka panjang.

Lakukan Inovasi Produk

Gampang puas kadang membuat bisnis yang Anda lakukan hanya stagnan di tempat. Hal ini tentu tidak boleh dibiarkan oleh seorang pebisnis. Meskipun dasarnya, manusia itu adalah makhluk yang tidak gampang puas, tapi masih banyak orang yang gampang puas ketika membuka usaha alias bisnis.

Zaman akan terus berubah dan tentunya trend juga terus berganti sedemikian rupa. Bagi jasa penterjemah, mengenali trend juga sangat penting untuk dilakukan. Selain menjaga mutu bisnis penerjemahan, trend juga menambah inovasi produk seperti apa yang dibutuhkan oleh target pasar.

Tujuannya agar klien tidak mudah bosan dengan produk yang Anda tawarkan. Meskipun tampak sederhana, tapi langkah ini sangat penting. Tujuannya sudah pasti agar klien tidak pindah ke kompetitor lainnya. Anda harus rajin membaca perkembangan dunia agar tahu tren seperti apa yang sedang hits saat itu.

Selama masa inovasi produk, proses marketing yang sudah dilakukan di awal juga jangan sampai lupa. Lakukan pemasaran yang berbeda dengan produk dari kompetitor lain. Biasanya klien memang suka hal baru dan dianggap unik. Ini membuat jasa terjemah yang Anda bangun lebih mudah dikenal publik.

Membuka bisnis memang bukan perkara yang mudah. terlebih bagi yang masih pemula. Namun bukan berarti bisnis jasa penterjemah ini tidak bisa dilakukan oleh pemula,. Asalkan punya niat, berusaha dan berdoa, pasti usaha yang dijalankan akan semakin maju. Jangan lupa untuk berkenalan dengan para master agar kualitas jasa semakin terpercaya.