Press "Enter" to skip to content

Seluk-Beluk dan Fakta Menarik Seputar Usaha Sedot WC Jakarta

Manusia di dunia ini siapa sih yang gak pernah buang hajat (kotoran). Semua orang pasti melakukannya. Hanya saja tempatnya yang berbeda-beda. Di Indonesia sendiri, beruntung masyarakat kita memiliki kesadaran akan kebersihan yang cukup baik. Hampir tiap rumah kini dilengkapi dengan fasilitas WC yang layak. Dengan adanya fasilitas WC ini, artinya tiap orang telah ‘membuka’ ladang rejeki bagi mereka yang berprofesi sebagai penyedia jasa sedot WC. Contohnya jasa sedot WC Jakarta

Peluang Usaha Sedot WC Jakarta

Sedot WC Jakarta

Logikanya begini, semakin banyak orang yang buang hajat, makin besar pula keuntungan yang akan diperoleh oleh mereka yang berprofesi sebagai penyedia jasa sedot WC. bayangkan, dalam satu rumah atau hunian saja jumlah anggota keluarga yang tinggal berbeda-beda.

Belum lagi dalam satu hari minimal penghuni rumah setidaknya akan buang hajat. Dan hanya dalam hitungan setahun atau dua tahun saja, septic tank akan penuh. Nah, dalam kurun waktu 2 tahun saja, di dalam septic tank akan penuh dengan gunungan hajat. Jika kondisinya sudah begini, saatnya penyedia jasa sedot WC Jakarta beraksi.

Kisah Pengusaha Jasa Sedot WC Jakarta yang Inspiratif 

Dilansir dari salah satu narasumber yang tak lain adalah pengusaha jasa sedot WC Jakarta, usaha sedot WC ini sungguh menjanjikan. Tentu saja pernyataan ini benar adanya karena beliau sendiri yang mengalaminya. Beliau yang tak mau disebutkan namanya ini telah berkecimpung dalam usaha ini selama lebih dari 20 tahun. Bahkan hebatnya lagi, beliau kini telah memiliki banyak cabang usaha yang tersebar di berbagai kota. 

Usaha jasa sedot WC Jakarta ini mulanya terdengar sepele. Namun berkat pandai dalam melihat peluang dan juga dibarengi dengan kerja keras, usaha ini membuahkan hasil yang gemilang. Sebelum tercetus ide bisnis jasa sedot WC ini, pemilik usaha jasa sedot WC ini mengatakan bahwa beliau sungguh tidak menyangka bahwa ide bisnisnya ini berawal dari sebuah kejadian yang konyol. 

Berawal dari Pengalaman Pribadi

Suatu hari, septic tank di rumahnya penuh dan beliau bingung apa yang harus dilakukan. Beliau kemudian berinisiatif mengosongkan isi septic tank secara mandiri dengan menggunakan peralatan seadanya. Nah, dari kejadian ini, beliau lalu langsung memiliki ide bisnis yang sama dengan kejadian yang baru saja beliau alami.

Baca Juga: Mengetahui fungsi Sedot WC Jakarta Selatan

Bersama kerabat dan sejumlah kawan-kawannya, beliau lalu dengan mantap mulai merintis usaha jasa sedot WC Jakarta. Beliau dan rekan-rekan usahanya begitu yakin bahwa usaha ini akan sukses karena saat itu belum ada satu pun pesaing dengan jenis usaha yang sama. Ditambah lagi permintaan yang terus meningkat akan jasa yang beliau sediakan. 

Semakin hari usaha jasa sedot WC Jakarta semakin sukses dan hingga pada akhirnya si pemilik berinisiatif membuka beberapa cabang yang berlokasi di sekitar kawasan Jakarta. Semua cabang usaha ini mendapat sambutan yang sangat baik dari masyarakat dan dinas kebersihan daerah setempat. 

Fakta Menarik Seputar Usaha Jasa Sedot WC Jakarta

Ada fakta menarik tentang usaha jasa sedot WC Jakarta. Usaha ini adalah jenis usaha door-to-door. Hingga sekarang belum ada satupun penyedia jasa sedot WC online. Artinya, pangsa pasar untuk jenis usaha ini adalah pangsa pasar yang real. Para pemilik usaha jasa sedot WC tidak perlu cemas akan pesaing-pesaing dari dunia virtual.

Fakta menarik berikutnya adalah pelanggan yang berasal dari kalangan siapa saja, mulai dari rumah pribadi hingga instansi. Pelanggan adalah mereka yang memiliki fasilitas septic tank. Fakta lainnya adalah daya jangkau usaha jasa sedot WC ini sangat luas. Jangkauannya bisa mencapai lebih dari satu cakupan wilayah kabupaten. Dengan cakupan yang luas ini, pastinya pangsa pasar yang ada sangat besar. Dan pastinya keuntungan yang didapat juga banyak. 

Profesionalisme Pekerja Sedot WC Jakarta

Dalam melancarkan aksi sedot WC, para pekerja akan dibekali dengan kostum khusus dan peralatan pendukung seperti selang khusus dan dua peralatan khusus lainnya, yaitu pressure dan spiral. Pressure ini digunakan apabila ada bagian saluran septic tank yang mampet.

Pressure memiliki tekanan yang sangat tinggi dan cara kerjanya harus dibantu dengan air. Sedang spiral di sini adalah sebuah alat yang nantinya akan dimasukan ke dalam saluran yang mampet. Kedua alat ini dimasukan ke dalam lubang WC secara hati-hati. 

Agar tidak terjadi hal yang tidak-tidak, seperti kotoran yang menyembur keluar saat disedot, para pekerja sedot WC harus bekerja dengan sangat hati-hati. Plus, pemilik septic tank juga harus rutin melakukan perawatan septic tank secara berkala.

Misal dengan menyedot septic tank 2 tahun sekali. Seandainya pun septic tank belum penuh, hal ini perlu dilakukan agar sirkulasi dalam septic tank tetap lancar. Sebaliknya, jika septic tank dibiarkan saja hingga penuh, lumpur yang berasal dari timbunan tinja yang tadinya encer akan menjadi keras. Dampaknya, tinja akan sulit disedot.